Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Bagi Anda yang sedang gencar melamar pekerjaan, menulis surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Memiliki surat lamaran sangat penting dan dapat memberi pelamar lebih banyak kesempatan untuk wawancara. Surat lamaran yang dilampirkan oleh pencari kerja juga mampu meninggalkan kesan pertama yang baik dan abadi bagi perekrut atau HRD.

Sayangnya, mendapatkan pekerjaan saat ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang yang masih terkendala dengan proses lamaran atau berkas-berkas yang tidak akurat dan sesuai saat melamar pekerjaan.

Hal yang Harus Dicantumkan dalam Surat Lamaran Kerja

Untuk menambahkan beberapa nilai tambah di mata perusahaan tempat Anda melamar, ada baiknya juga menyertakan beberapa dokumen pendukung. Dokumen-dokumen ini nantinya akan menjadi bukti pencapaian yang Anda catat di CV Anda. Dokumen-dokumen berikut harus dilampirkan pada surat lamaran kerja Anda:

  •       Daftar riwayat hidup atau CV
  •       Ijazah S1 (fotokopi)
  •       Transkrip nilai (fotokopi)
  •       Sertifikat kursus atau pelatihan yang pernah diikuti
  •       Pas foto terbaru

Format Surat Lamaran Yang Baik dan Benar

Dalam sebuah proses rekrutmen tentunya tidak hanya satu atau dua orang saja yang melamar. Apalagi di masa pandemi seperti ini bisa dengan mudah mencapai ratusan bahkan ribuan untuk satu posisi. Dari sekian banyak yang mendaftar, hanya yang terbaik yang tentunya akan terus melaju ke tahap selanjutnya.

Salah satu cara untuk mengesankan perekrut adalah dengan menulis surat lamaran yang bagus. Surat lamaran kerja yang baik harus memiliki maksud dan tujuan yang jelas, daftar berkas sama dengan yang tertera pada surat lamaran, dan tidak boleh ada kesalahan ketik.

Saat membuat surat lamaran yang baik, format penulisan berikut harus diperhatikan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat menulis surat lamaran adalah menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat tersebut. Anda dapat memasukkan tempat dan tanggal surat lamaran di kanan atas. Selain itu, perhatikan nama tempat dan bulan yang selalu diawali dengan huruf kapital. Kemudian notasi antara tempat dan tanggal penulisan juga harus dipisahkan dengan koma (,).

Tribunsolo.com

2. Tujuan Surat dan Nama Perusahaan

Setelah menuliskan tempat dan tanggal, Anda bisa memberikan nama penerima dan alamat perusahaan yang akan Anda tuju. Jika surat ini terkait dengan topik tertentu, Anda dapat menggunakan “Dear Sir or Madam”. Namun, jika Anda merujuk ke perusahaan tanpa subjek tertentu, gunakan “Kepada” dengan nama perusahaan.

3. Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Anda dapat menggunakan sapaan seperti “Salam” untuk memulai surat lamaran kerja secara resmi. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dengan pengenalan. Umumnya, Anda dapat memulai dengan menulis deskripsi informasi tentang lowongan pekerjaan dan posisi yang telah Anda pilih.

4. Data Pribadi

Data pribadi biasanya berupa nama, tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir atau hal-hal lain yang diperlukan. Bagian ini sangat penting untuk dicantumkan karena berkaitan dengan data pribadi pemohon. Anda juga dapat menunjukkan latar belakang pendidikan pelamar, mis. B. latar belakang pendidikan terakhir pelamar atau sesuai dengan persyaratan tingkat pendidikan yang dipersyaratkan.

5. Pengalaman Kerja atau Keterampilan Lainnya

Di bagian ini kamu bisa menjelaskan skill kamu, baik soft skill maupun hard skill. Anda juga dapat menyertakan pengalaman selain pengalaman kerja tetap, seperti magang, PKL, atau organisasi. Jangan lupa sertakan juga keahlian Anda yang dapat berguna bagi perusahaan dan bahkan dapat menambah nilai bagi pelamar.

6. Lampiran Surat Lamaran

Untuk membujuk perusahaan agar menerima pelamar, lampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai bagi pelamar. Anda juga dapat melampirkan sertifikat seperti seminar atau pelatihan, yang dapat menjadi keuntungan. Jangan lupa untuk menyertakan informasi tambahan pada halaman surat lamaran.

7. Penutup

Di akhir surat, itu mungkin termasuk pernyataan bahwa Anda memiliki harapan besar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Namun, tidak perlu menuliskan ekspektasi yang berlebihan. Karena akan membuang-buang waktu dan akan terlihat tidak profesional. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dengan menuliskan nama lengkap Anda di bagian bawah surat.

Kami berharap pembahasan contoh surat lamaran kerja dapat membantu mempermudah proses melamar pekerjaan di perusahaan impian Anda. Tulis surat lamaran sebaik mungkin sehingga meningkatkan peluang Anda untuk lolos wawancara.